Sabtu, 07 Mei 2016

Ruang Bacaan di Rumah Impian tentang Pengaruh Keteladanan Pendidik Kristen

Salah satu pokok bacaan di rumah impian adalah Pengaruh Keteladanan Pendidik Kristen
Setiap Pendidik Kristen yang ada di lingkungan sekolah harus bekerja sama dengan baik, bertanggung jawab dalam mengembangkan pendidikan kepada siswa yang diajarnya. Seorang pendidik harus mampu mengelola proses pembelajaran tersebut. Kemampuan mengelola pembelajaran merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki pendidik Kristen. Kemampuan dalam ketrampilan mengelola pembelajaran secara baik akan menghasilkan kondisi belajar yang optimal dalam berlangsungnya proses pembelajaran, dalam konteks ini terjadilah apa yang disebut interaksi edukatif. Menurut Djamarah, interaksi edukatif adalah sebuah interaksi belajar mengajar yang menghimpun sejumlah nilai (norma) yang merupakan substansi, sebagai medium antara guru dan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan (Syaiful Bahri Djamarah, 2005:144)
Jadi, tujuan pengelolaan pembelajaran di kelas adalah untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan optimal sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Dengan kata lain, pendidik Kristen mengelola kelas untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas demi mencapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien yang memungkinkan peserta didik untuk belajar dengan baik. Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai bila pendidi kompeten dalam mengorganisir peserta didik dan sarana pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran.
Organisasi pembelajaran atau tepatnya manajemen pembelajaran dimulai pada saat pendidik Kristen memasuki ruang kelas, ketika berada di kelas, sang pengajar menghadapi dua masalah pokok, yaitu masalah pengajaran dan manajemen. Masalah pengajaran adalah usaha membentuk peserta didik dalam mencapai tujuan khusus pengajaran secara langsung. Sedangkan masalah manajemen adalah usaha untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi sedemikian rupa, sehingga proses interaksi edukatif dapat secara efektif dan efisien.

0 komentar:

Posting Komentar