Sabtu, 07 Mei 2016

Membaca di Rumah Impian tentang Keteladan dalam karakter

Keteladanan Pendidik Kristen Dalam Karakter Pembangunan karakter bangsa merupakan komitmen kolektif masyarakat Indonesia menghadapi tuntutan global dewasa ini. Sebagai perwujudan dari komitmen tersebut, dibuatlah undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 yang menjelaskan bahwa “pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman kepada Tuhan, berkarakter mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Cita-cita luhur bangsa sebagai mana tertuang dalam tujuan pendidikan nasional tersebut adalah perwujudan nilai moral bangsa yang harus tertanam dan mengakar dalam pola hidup berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Oleh karena itu, pendidikan karakter bangsa menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan pola pembinaan, khususnya di sekolah. Paparan di atas menegaskan bahwa semua pihak terlibat dan ikut bertanggungjawab dalam pembentukan karakter. Salah satu tugas pendidik Kristen adalah pembentukan karakter peserta didik yang diajarnya. Guru PAK harus mengaplikasikan pembentukan karakter. Keteladanan Pendidik Kristen yang berikutnya adalah keteladanan pendidik Kristen dalam karakter, yang merupakan salah satu faktor terpenting dalam peranan pendidik Kristen dalam mengajar. Dalam proses interaksi edukasi antara pendidik Kristen dengan peserta didik, karakter pendidik Kristen merupakan bagian yang sangat menentukan berhasil tidaknya materi yang diajarkannya. Karakter adalah; sifat, tabiat atau watak seseorang, sesuatu hal yang tersembunyi yang belum diketahui siapapun, karena itu untuk mengetahui karakter seseorang dilihat dari sikap hidupnya sehari-hari. Keberhasilan seorang pendidik Kristen tidak hanya dilihat dari kesibukannya setiap hari tetapi juga dari karakter yang tercermin dari kehidupannya sebagai impartasi dari kesibukannya sebagai pengajar yang akan mempengaruhi para peserta didiknya dalam proses edukasi. Sebagai perbandingan tentang kesibukan pelayanan seorang pendidik Kristen yang seharusnya tercermin dari karakter hidupnya J. Oswald Sanders mengatakan bahwa; “Kesan pertama yang diperoleh pada waktu membaca kisah yang sederhana mengenai Nehemia ialah bahwa ia adalah orang yang suka berdoa ketika Nehemia mendengarkan tentang nasib Yerusalem yang menyedihkan ia berpaling kepada Allah di dalam doa, yang membuktikan bahwa ia tidak asing lagi di depan takhta kasih karunia”.( J. Oswald Sanders , 2001:169) Maksudnya bahwa cerminan kehidupan Nehemia sebagai seorang pendoa adalah menghadapi segala problema kehidupannya dengan doa, sebelum hal lain dilakukannya. Jadi secara keseluruhan, catatan kehidupan Nehemia dipenuhi dengan doa. Bagi Nehemia doa merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan dan pekerjaan sehari-hari (Neh. 1:4; 6:2:4; 4:4,9; 5:19; 6:14; 13:14, 22, 29). Dari keteladanan karakter hidup Nehemia, maka seorang pendidik Kristen harus terus belajar untuk mengekspresikan setiap materi pengajarannya tentang kepribadian Tuhan Yesus dan kehidupanNya, mempengaruhi seluruh hidupnya sebagai pendidik Kristen untuk disaksikan dan diteladani oleh para peserta didiknya. Hal ini pasti terjadi dalam kehidupan setiap orang percaya termasuk seorang pendidik Kristen yang mau membangun persekutuan hidup yang lebih dekat dengan Tuhan Yesus seperti Nehemia. Pembentukan karakter siswa di sekolah membutuhkan pendidik Kristen yang memberi teladan karakter yang bersifat umum maupun yang berciri khas karakter Kristen. Karakter umum yang perlu diaplikasikan dalam kehidupan guru sehingga terbentuk karakter siswa. Karakter-karakter yang berlaku umum di sekolah, yaitu: 1. Allah dan kebenaran 2. Tanggungjawab, disiplin, dan mandiri 3. Amanah 4. Hormat dan santun 5. Kasih sayang, peduli, dan kerja sama 6. Percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah 7. Adil dan berjiwa kepemimpinan 8. Baik dan rendah hati 9. Toleran dan cinta damai. Selain 9 karakter di atas ada pula 18 karakter yang perlu diperhatikan dan diterapklan oleh seorang pendidik Kristen. Karakter-karakter berikut ini adalah karakter yang bersifat umum. Artinya berlaku bagi pendidik Kristen dan pesertadidk yang berasal dari berbagai agama. 1. Religius 2. Jujur 3. Toleransi 4. Disiplin 5. Kerja keras 6. Kreatif 7. Mandiri 8. Demokratis 9. Rasa inging tahu 10. Semangat kebangsaan 11. Cinta tanah air 12. Menghargai prestasi 13. Bersahabat/komunikatif 14. Cinta Damai 15. Gemar membaca 16. Peduli Lingkungan 17. Peduli sosial 18. Tanggungjawab Kedelapan belas karakter di atas siafatnya karakter umum tetapi didalamnya terdapat nilai-nilai yang dirumuskan dari Agama. Karakter-karakter tersebut perlu diperhatiikan dan diterapkan dalam kehidupan Guru Agama Kristen dan siswa yang beragama Kristen. Walaupun demikian pengajaran tentang karakter sebenarnya sangat banyak dalam Alkitab maka berikut ini akan diuraikan karakter-karakter yang berciri Kristen yang perlu diterapkan dalam keteladanan pendidik Kristen.

0 komentar:

Posting Komentar